Rabu, 31 Oktober 2007

Foto Memiliki Seribu Makna




Bertempat di Lantai 3 gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), tadi siang siang diundang untuk hadir dalam klinik fotografi jurnalistik kerjasama BEM ITS, Toyota Yaris dan Harian Kompas. Perwakilan LMI yang hadir dalam acara tersebut diantaranya Dody FM, Arifin N dan Dimas Pamungkas. Ketiganya merupakan awak departemen komunikasi LMI.

Dalam workshop tersebut panitia menghadirkan pembicara yang kompeten di bidang jurnalistik foto. Tampak hadir Redaktur foto Kompas, Arbain Rambey dan Joni spesialis fotografi otomotif.

Dalam pemaparannya, Arbain menegaskan bahwa memang foto jurnalistik usianya jauh lebih muda dari jurnalistik tulis. Huruf sudah dikenal manusia ribuan tahun lalu semenatara usia fotografi sendiri belum sapai 200 tahun. ”Diawal abad belasan, di Inggris sudah dikenal surat kabar. Tapi fografi baru masuk surat kabar pada akhir abad 19”, ujar Arbain.
Dalam manyampaikan materinya Arbain sesekali menampilkan slide-slide foto mata hati karya wartawan Kompas yang menurutnya sangat berkualatas dan beberapa diataranya pernah menjadi pemenang lomba fotografi.

Dalam acara tersebut, panitia juga membagi-bagikan berbgai hadiah menarik mulai dari merchandise Kompas dan Yaris, flasdis satu giga hingga uang tunai empat ratus ribu. LMI sendiri pun berkesempatan membawa pulang hadiah yang diperebutkan.
Dody FM dari LMI mengaku puas mengikuti workshop tersebut, ”ini sangat penting dan membuka wawsan kita betapa pentingnya foto didalam media masssa, foto yang baik membawa seribu makna bagi pembaca, ”ujar Dody yang dua kali fotonya pernah dimuat di Harian Radar Surabaya.[]

Tidak ada komentar: